Upaya Peningkatan Kesehatan Fisik dan Fsikis Lansia

Latar Belakang

Profil dan Kondisi Khalayak Sasaran : Panti Lansia / PSTW Budi Mulia 3  Jakarta Selatan merupakan panti dibawah naungan Dinas Sosial yang berjumlah lebih kurang 250 orang dengan latar belakang mayoritas tidak diketahui keluarganya karena panti ini menampung para lansia yang terlantar di jalanan .Mereka hanya mengisi waktu luang dengan kegiatan ringan di dalam panti yang belum tentu dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Kesadaran tentang arti penting upaya preventif terhadap penyakit juga belum mendapatkan perhatian serius.Selama ini kesadaran mereka terbatas pada upaya pengobatan jika sudah terserang penyakit.
         Salah satu solusi yang tepat adalah dengan mengadakan pelatihan dan pembinaan kepada petugas panti dan memberikan perhatian khusus kepada lansia untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan lansia.Para lansia dapat dilatih berbagai macam aktifitas yang bermanfaat bagi kesehatan mereka.Salah satu aktivitas yang mudah dilakukan adalah senam lansia, senam otak, latihan membaca,  mengukur TTV , pemeriksaan gula darah, kolesterol dan asam urat.
Kondisi dan Potensi wilayah PSTW Budi Mulia 3 ini merupakan tempat penampungan lansia dari umur 60 tahun keatas dengan bermacam macam riwayat penyakit serta berasal dari jalanan dimana lansia tersebut juga tidak mempunyai keluarga, selain itu juga jumlah perawat yang ada di PSTW Budi Mulia 3 jumlahnya 2 orang, dan petugas non kesehatan lebih kurang ada 30 orang, sedangkan jumlah lansia lebih kurang 250 orang , untuk itu wilayah ini sangat ber potensi untuk dilakukan peningkatan kesehatan lansia dengan memberdayakan petugas panti non kesehatan untuk dapat membantu lansia dalam hal kesehatan fisik dan psycologis.

 

Tujuan dari PKM-M ini adalah :

  1. Memberikan pelatihan pada petugas panti di PSTW Budi Mulia 3 tentang konsep lansia, masalah kesehatan lansia serta cara mengatasinya dan gizi lansia.
  2. Menjadikan lansia tetap sehat dan bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.
  3. Mengaktifkan petugas panti di PSTW Budi Mulia 3 agar lebih memperhatikan kesehatan lansia.
  4. Memberikan bantuan peralatan untuk pemeriksaan tanda – tanda vital kepada PSTW Budi Mulia 3, agar petugas panti dapat  memaksimalkan kegiatan pelatihan.

 

Gambaran Umum Masyarakat Sasaran

        Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 3 Jakarta Selatan merupakan Unit Pelaksana Teknis Bidang Kesejahteraan Lanjut Usia Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta sebagai lembaga pelayanan dan informasi bagi masyarakat. Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 3 Jakarta Selatan adalah lembaga masyarakat secara umum menampung Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) lanjut usia yang berasal dari jalanan dan khususnya lanjut usia yang tidak mampu/kurang beruntung  dari masyarakat DKI Jakarta. Untuk upaya peningkatan kesehatan lansia dari SDM perawat hanya berjumlah 2 orang sedangkan yang banyak berperan terhadap perawatan lansia adalah pramuwisma / petugas panti non kesehatan yang tidak mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara merawat lansia dengan baik serta sarana prasarana kesehatan yang masih kurang pada panti ini.

Maksud dan Tujuan : Memberikan pelayanan dan perawatan jasmani dan rohani kepada lanjut usia terlantar dan dari keluarga kurang mampu agar dapat menjalani hidup layak dan wajar, Terpenuhi kebutuhan hidup bagi lanjut usia yang disantuni seperti kebutuhan jasmani (makan, sandang dan kesehatan) rohani dan sosial lainnya dengan baik sehingga dapat menikmati hari tuanya dengan diliputi ketentraman lahir dan batin, serta meingkatkan pengetahuan petugas panti tentang perawatan lansia.

Selaian itu,kurangnya pengetahuan mengakibatkan rendahnya kesadaran terhadap kesehatan lansia di daerah ini.Mereka tidak mengetahui tentang cara cara preventif terhadap suatu penyakit sehingga tidak banyak aktivitas fisik yang dilakukan.Kesadaran kesehatan yang mereka miliki selama ini terbatas hanya melakukan pengobatan jika sudah sakit.Sehingga dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan para lansia tentang arti penting kesehatan.

 

Kondisi ruangan lansia di PSTW Budi Mulia 3 jakarta, setiap ruangan ditempati  oleh lansia lebih kurang 25 orang, fasilitas setiap ruangan terdiri dari tempat tidur, lemari pakaian dan kamar mandi. Melihat kondisi ruangan lansia seperti pada foto diatas sangat lah memprihatinkan, dimana tempat tidur lansia tidak ada batasan nya, sehingga privasi lansia tersebut tidak terjaga, dan juga pada tempat tidur lansia tidak ada pengaman, sehingga resiko injury akibat jatuh besar sekali yang dapat berakibat fatal terhadap kesehatan lansia. 

 

Lansia yang tinggal di PSTW Budi Mulia 3 dengan kondisi sakit pada kakinya akibat jatuh. Dengan melihat kondisi fisik lansia tersebut maka perlu sekali dilakukan perawatan maksimal yang dilakukan tim kesehatan ataupun petugas panti non kesehatan, karena dengan kondisi tersebut lansia sangat ketergantungan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, untuk itu tugas kita bersama dalam meningkatkan kesehatan lansia sebagai wujud keperdulian kita sesama manusia.

 

TIM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Akper Berkala Widya Husada

Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada Jakarta berdiri pada tahun 1994 atas Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK 00.06.1.1.2156 dan terakreditasi B. Pada tahun 2006 SK Menteri Pendidikan Republik Indonesia NO:130/D/O/2006 tentang pengalihan pembinaan akademi keperawatan berkala widya husada dari departemen kesehatan ke departemen pendidikan nasional, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2005, pada tahun 2014 Akper Berkala Widya Husada terAkreditasi BAN-PT dan pada tahun 2015 Akper Berkala Widya Husada Bersinergi dengan Rumah Sakit Melia Cibubur.

Welcome Akper berkala Widya husada