MINFIRHAT (MINUMAN KEFIR SEHAT) SOLUSI HIDUP SEHAT

Pendahuluan

Probiotik adalah mikroorganisme yang bisa membantu mencegah dan menanggulangi penyakit. Membantu sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imunitas adalah kegunaan probiotik yang paling populer saat ini. Probiotik memang ada secara natural di dalam tubuh kita, akan tetapi, banyak probiotik dihasilkan dari makanan, minuman, dan suplemen untuk meningkatkan bakteri baik yang ada didalam tubuh manusia yang mati karena penggunaan antibiotik.

Saat ini, olahan susu berupa kefir sedang booming di Indonesia melalui media sosial. Minuman  probiotik dari Kaukasus ini merupakan produk pangan hasil fermentasi susu dan bakteri kefir yang diyakini baik bagi kesehatan. Berbeda dengan negara-negara di Eropa dan Amerika, kefir tidak mudah dijumpai di Indonesia. Dalam arti, belum dijual secara retail di pasar swalayan. Kita hanya bisa memesan kefir dari produsen rumahan yang kebanyakan menjualnya secara online. 

Susu kefir adalah minuman kental yang dibuat dengan cara fermentasi susu dan biji kefir, biasanya dibuat dari susu sapi atau kambing. Sedangkan biji kefirnya dibuat dari bakteri asam laktat, ragi, dan zat polisakarida. Dari segi bentuk, susu kefir ini mirip dengan yoghurt yang bertekstur kental, dan rasa asamnya juga nyata di lidah.Minuman jenis probiotik ini kaya akan bakteri Lactobacillus acidophilus dan Bifidobacterium bifidum. Selain itu terdapat nutrisi baik untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin K, asam folat, kalium, magnesium, dan fosfor, yang bermanfaat untuk mencegah dan memerangi kanker, membantu detoksifikasi racun, meningkatkan kekebalan tubuh, Menambah kekuatan tulang, Mencegah alergi dan asma, menyehatkan organ pencernaan dan melancarkan proses pencernaan,  Anti inflamasi, Mencegah radang paru-paru dan menurunkan kadar gula darah.

Antusiasnya masyarakat terhadap makanan dan minuman yang bermanfaat untuk kesehatan sangat tinggi. Masyarakat tidak segan-segan untuk mengkonsumsi rutin jika sudah merasakan khasiatnya, walaupun harganya cukup mahal.

Untuk itu kami akan menghadirkan kefir di tengah-tengah masyarakat agar mudah dijangkau dan dikenal oleh masyarakat luas sebagai solusi pencegahan dan pengobatan suatu penyakit. Inovasi  baru yang akan kami lakukan selain memproduksi susu kefir original, kami juga akan memproduksi susu kefir dengan aneka rasa buah seperti jeruk, mangga dan melon, dalam kemasan botol 250 cc. di harapka masyarakat bisa lebih tertarik untuk mengkonsumsi minuman ini.

 

Tujuan

1. Untuk menciptakan suatu produk yang menarik dari segi penampilan tetapi menyehatkan untuk tubuh

2. Mengenalkan kepada masyarakat bahwa susu kefir adalah minuman kesehatan yang mempunyai khasiat kesehatan lebih dari yoghurt.

3. Untuk mengembangkan jiwa kreativitas mahasiswa dan masyarakat agar lebih kreatif dalam berwirausaha.

4. Mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam usaha ini.

 

Gambaran Usaha

1. Keunikan Produk

   Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa usaha minuman kefir ini bukanlah usaha yang benar-benar baru di pasaran. Hal ini dikarenakan saat ini sudah ada banyak  usaha sejenis yang beredar di pasaran online, walaupun belum banyak yang membuka usaha ini  secara nyata. Sehingga sebagian masyarakat belum mengenal kefir secara mendetail. Oleh karena itu, kami mencoba untuk mengenalkan minuman ini dengan  mengemas usaha minuman kefir  ini dengan berbagai variasi rasa buah, sebagai suatu bentuk usaha yang berbeda dengan usaha sejenis dari yang lain. yang sudah ada telebih dulu di pasaran. Hal ini agar rasa kefir yang masam dan kurang bersahabat di lidah masyarakat bisa dikonsumsi dengan rasa buah.

2. Analisis peluang usaha

Banyak orang yang belum mengenal susu kefir yang merupakan susu fermentasi seperti yoghurt namun memiliki kemampuan probiotik dan detoksikasi yang lebih kuat dari yoghurt. Susu Kefir ini mempunyai banyak manfaat untuk pencegahan penyakit maupun pengobatan penyakit. Atas dasar inilah kami tertarik membuat usaha minuman kefir, yang merupakan peluang usaha berbisnis rumahan. Dengan adanya trend hidup sehat di masyarakat untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat , kefir merupakan salah satu pilihan untuk melakukan pola hidup sehat. Selain itu proses pembuatan yang sangat sederhana dengan modal yang tidak terlalu mahal.

3 Pangsa Pasar

Susu Kefir sangat dibutuhkan untuk peningkatan kesehatan,  pencegahan dan penyembuhan  penyakit . Untuk itu target pasar kami adalah seluruh kalangan usia baik tua maupun muda yang sehat maupun yang sakit seperti: karyawan, mahasiswa, pasien dan  pengunjung pasien rawat inap dan rawat jalan, serta masyarakat umum . Untuk merealisasikannya, kami menawarkan produk secara door to door.

 

TIM KEWIRAUSAHAAN AKPER BERKALA WIDYA HUSADA

Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada Jakarta berdiri pada tahun 1994 atas Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK 00.06.1.1.2156 dan terakreditasi B. Pada tahun 2006 SK Menteri Pendidikan Republik Indonesia NO:130/D/O/2006 tentang pengalihan pembinaan akademi keperawatan berkala widya husada dari departemen kesehatan ke departemen pendidikan nasional, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2005, pada tahun 2014 Akper Berkala Widya Husada terAkreditasi BAN-PT dan pada tahun 2015 Akper Berkala Widya Husada Bersinergi dengan Rumah Sakit Melia Cibubur.

Welcome Akper berkala Widya husada