GERAKAN  SEHAT MASYARAKAT DENGAN PHBS DI PESANTREN MODERN AL ADZKAR PAMULANG

Latar Belakang

Banyaknya warga pesantren yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka  yang dapat membahayakan bagi kesehatan lingkungan sekitar. Pola hidup bersih yang kurang terjaga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang ada, seperti penyakit kulit, diare, gangguan pernapasan, bahkan yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini adalah demam thypoid. Banyak sekali penyakit yang muncul akibat pola hidup  yang tidak bersih, serta tidak memperdulikan lingkungan pesantren.

Pesantren Modern Al Adzkar merupakan wilayah yang berada di daerah Pamulang Timur yang berada ditengah kawasan perumahan penduduk .Pesantren ini sangat berkembang dan masih terus  dalam proses pembangunan untuk sarana dan prasarana, khususnya untuk program PHBS yang masih belum berjalan maksimal.

Munculnya berbagai penyakit ini banyak terjadi pada masyarakat pesantren yang kurang memperdulikan kebersihan lingkungan sekitar dan pola hidup mereka. Dikarenakan kurang perduli tentang kesehatan serta dampak dari prilaku yang kurang bersih. Kehidupan lingkungan dipesantren yang seperti itu dan sudah menjadi kebiasaan setiap harinya seringkali melupakan hal sepele yang dapat menimbulkan banyak masalah seperti halnya,  cara mencuci tangan sebelum makan yang masih kurang tepat. Hal itu bisa menyebabkan munculnya berbagai penyakit pada seluruh individu yang berada di pesantren..

Berdasar kan pernyataan dari salah satu Wali kelas atau Pembina Guru di pesantren tersebut bahwa  , permasalahan yang paling banyak ditemui dilokasi pesantren adalah permasalahan yang berkaitan dengan  kebersihan individu itu sendiri sehingga perlunya pembinaan kembali gerakan sehat melalui PHBS.

Melihat latar belakang masalah tersebut, muncul kepedulian kami terhadap kondisi kesehatan khususnya di pesantren Modern Alazdkar untuk mengadakan  gerakan hidup bersih untuk meningkatkan kualitas kesehatan yang optimal terhadap seluruh individu yang berada di pesantren tersebut .

 

Tujuan

  1. Memberikan pemahaman kepada masyarakat di Pesantren tentang pentingnya penerapan PHBS untuk menjaga kesehatan warga dipesantren.
  2. Memberikan penyuluhan terhadap masyarakat  di wilayah pesantren tentang indikator PHBS yang harus dilakukan setiap harinya.
  3. Memberikan kesadaran kepada masyarakat pesantren agar mau melaksanakan penerapan PHBS.
  4. Menggerakan PHBS melalui UKS dipesantren

 

Gambaran Umum

Pesantren modern Al Adzkar yang didirikan pada tahun 2012 terletak diwilayah pemukiman penduduk di wilayah pamulang timur Banten pesantren ini  masih terus dalam tahap pembangunan.

Dalam program PHBS di pesantren ini belum berjalan maksimal terutama pembinaan UKS yang belum berjalan.Dari segi sarana dan prasarana juga masih belum lengkap dan tertata dengan baik.Adanya keterbatasan tenaga pembina UKS ,alat kesehatan serta ruang UKS khusus yang belum maksimal,sehingga menjadi kendala dalam menjalankan PHBS dipesantren tersebut.

Dengan melihat kondisi tersebut maka diperlukan suatu gerakan sehat masyarakat pesantren melalui program PHBS untuk meningkatkan kualitas kesehatan individu dan masyarakat khususnya di wilayah pesantren.

 

 

TIM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Akper Berkala Widya Husada

 

Akademi Keperawatan Berkala Widya Husada Jakarta berdiri pada tahun 1994 atas Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : HK 00.06.1.1.2156 dan terakreditasi B. Pada tahun 2006 SK Menteri Pendidikan Republik Indonesia NO:130/D/O/2006 tentang pengalihan pembinaan akademi keperawatan berkala widya husada dari departemen kesehatan ke departemen pendidikan nasional, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2005, pada tahun 2014 Akper Berkala Widya Husada terAkreditasi BAN-PT dan pada tahun 2015 Akper Berkala Widya Husada Bersinergi dengan Rumah Sakit Melia Cibubur.

Welcome Akper berkala Widya husada