Pengaruh Disiplin Kerja, Kompetensi dan Motivasi Terhadap Produktivitas Pegawai Administrasi dan Keuangan di RS. MH. Thamrin Internasional

Hendrawati¹, Kurniati Nawangwulan²

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung disiplin kerja, kompetensi dan motivasi terhadap produktivitas pegawai administrasi dan keuangan RS MH Thamrin Internasional Salemba. Penelitian ini di lakukan di RS MH.Thamrin sampel 64 orang menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Desain penelitian metode cross sectional analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 19 dan sistem PLS-Smart. Hasill penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung dan tidak langsung disiplin kerja, kompetensi dan motivasi terhadap produktivitas pegawai sebesar 75,71% sedangkan 24,29% dijelaskan kompenen lain yang mempengaruhi produktivitas pegawai administrasi dan keuangan di RS MH Thamrin Internasional Salemba Tahun 2012. Penelitian selanjutnya memperluas objek penelitian dan menambah variabel lain yang secara teori memiliki pengaruh terhadap produktivitas pegawai.

 

Kata kunci : Disiplin Kerja, Kompetensi, Motivasi dan Produktivitas.

 

Hasil Penelitian

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari 64 responden, 35 responden (54,7%) adalah perempuan sedangkan yang lainnya adalah laki-laki (45,3%). Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir responden sebagaian besar responden berpendidikan S1 adalah 46 responden (71,9%), berpendidikan Akademik/D3 terdapat 11 responden (17,2%) dan berpendidikan SMA/SPK  terdapat 7 responden (10,9%). Menurut pengelompokan usia 20 - 29 tahun sebanyak 30 responden (46,9%), sedangkan usia 30 – 39 tahun sebanyak (31,3%) dan 40 – 49 tahun sebanyak (21,9%). Menurut masa kerja pegawai < 1 tahun sebanyak 4 responden (6,25%), masa kerja 1 – 2 tahun sebanyak 20 responden (31,25%) dan masa kerja > 2 tahun sebanyak (62,5%). Distribusi Kisaran Jawaban Responden Per Variabel menunjukkan variabel disiplin kerja kisaran jawaban reseponden antara 26 – 38 mendekati kisaran teoritisnya pada nilai tertinggi (9 – 45) dengan nilai rata-rata aktual 33,05 dan standar deviasi 2,193. Hal ini mengindikasikan persepsi responden cenderung mengganggap baik pada disiplin kerja pegawai RS. MH. Thamrin Internasional Salemba.

 

Kesimpulan

Penelitian ini berisikan suatu model yang menguji tentang pengaruh disiplin kerja,kompetensi dan motivasi terhadap produktivitas pegawai di RS. MH.Thamrin Internasional Salemba dengan menggunakan pengujian hipotensis memakai PLS-Smart dari hasil penelitian ini menemukan bahwa disiplin kerja yang dipengaruhi indikator seperti ketaatan terhadap jam kerja, ketaatan terhadap peraturan dan bekerja sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan produktivitas pegawai administrasi dan keuangan di RS. MH.Thamrin Internasional Salemba, apabila produktivitas pegawai dapat menurunkan disiplin kerja  pegawai secara langsung maupun tidak langsung. Melalui penelitian ini membuktikan penelitian8. Validitas dan  reabilitas dalam instrumen disiplin kerja ini belum teruji dengan baik, hal ini dikarenakan interpretasi yang kurang baik dalam pembahasan instrumen khusunya pada indikator X1 pada ketaatan terhadap peraturan di hapus oleh peneliti karena nilainya negatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa pegawai yang memiliki disiplin kerja yang baik maka produktivitas kerjanya pun akan meningkat. Penulis menganalisis bahwa disiplin kerja yang dipengaruhi indikator seperti ketaatan terhadap jam kerja, ketaatan terhadap peraturan dan bekerja sesuai dengan prosedur dapat meningkatkan produktivitas pegawai administrasi dan keuangan di RS.Thamrin Internasional Salemba apabila disiplin kerja pegawai menurun dapat menurunkan produktivitas pegawai secara langsung dan tidak langsung. Instrumen kompetensi dinyatakan valid maka dianalisis oleh peneliti dikarenakan validitas dan  reabilitas dalam instrumen ini teruji dengan baik, hal ini dikarenakan interpretasi yang baik dalam pembahasan instrumen penelitian. Penelitian ini menunjukkan bahwa pegawai yang memiliki kompetensi yang baik maka produktivitas kerjanya pun akan meningkat. Penulis menganalisis terdapat pengaruh positif dari kompetensi terhadap produktivitas pegawai sehingga apabila kompetensi meningkat dapat meningkatpula produktivitas pegawai begitupun sebaliknya apabila produktivitas pegawai menurun dapat menurunkan kompetensi pegawai secara langsung maupun tidak langsung.

 

Saran

Berdasarkan keterbatasan dalam penelitian ini maka saran dari penelitian selanjutya dapat memperluas objek penelitian, tidak terbatas pegawai administrasi dan keuangan saja tapi keseluruhan pegawai RS. MH. Thamrin Internasional Salemba dengan diperluasnya objek penelitian maka jumlah respondenpun akan lebih banyak serta memadai untuk melakukan uji statistic yang sama atau alat statistiknya lain yang berbasis SEM seperti AMOS dan LISTREL.

 

 

BERITA